Sunday, April 27, 2008

Sebagian Besar Negara Bagian AS Tenggelam ke Resesi

Inilah berita terbaru dari negeri adidaya seperti dilaporkan Kompas .

Sabtu, 26 April 2008 06:48 WIB
WASHINGTON, SABTU - Sebagian besar kondisi keuangan di negara bagian Amerika Serikat memburuk dan menembus ambang batas resesi. Tanpa melihat apakah AS secara keseluruhan telah tenggelam ke dalam resesi, sebuah hasil survei terhadap 50 direktur fiskal di AS ini menyimpulkan bahwa situasi keuangan di AS bahkan berpotensi terus memburuk pada tahun fiskal yang dimulai 1 Juli 2008 di sebagian besar negara bagian.

Presiden George W.Bush menjelaskan Selasa (22/4) bahwa ekonomi AS belum memasuki masa resesi tetapi berada pada periode kelesuan. Namun demikian, beberapa ekonom menyebut AS telah terperosok ke dalam resesi dengan indikasi penurunan permintaan produksi manufaktur di negeri Paman Sam tersebut.

Hasil survei yang dikeluarkan oleh National Conference of State Legislatures menyebutkan lebih dari 16 negara bagian di AS melaporkan defisit tahun ini sehingga harus memotong anggarannya. Pemotongan anggaran tersebut diantaranya diajukan oleh anggota parlemen di Florida sehingga mencapai 1 miliar dolar AS tahun 2007 lalu. Sedikitnya 8 negara bagian AS memperdebatkan kenaikan pajak rokok termasuk usulan kenaikan pajak hingga 1 dolar AS per bungkusnya di Massachusetts untuk meraih pendapatan pajak hingga 175 juta dolar AS.

Dua belas negara bagian, termasuk Georgia, Idaho serta Illinois melaporkan pengumpulan pendapatan pajak yang tidak memenuhi estimasi. Bahkan 8 dari 12 negara bagian tersebut meraih pendapatan pajak di bawah prediksi yang telah diturunkan.

Banyak negara bagian termasuk Alabama, Arizona, Massachusetts, Minnesota, Nevada serta Wisconsin berencana mengucurkan cadangan anggaran mereka, termasuk alokasi dana untuk kebutuhan fiskal darurat. Nevada bahkan diperkirakan akan menggunakan seluruh saldo cadangan anggarannya.

1 comment:

Muhammad Irvan said...

kok berhenti membuat kliping berita ekonomi di blog ini Mas?